Pengalaman Naik Kereta di tengah Pandemi

Kali ini saya ingin membagikan pengalama saya ketika naik kereta di tengah pandemi yang belum juga berakhir ini. Pekan lalu saya mengunjungi pondok adik saya yang berlokasi di kota Gombong, Jawa Tengah. Meskipun lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat saya tinggal yaitu kota Jogja, perjalanan yang ditempuh berkisar 2 jam. Walau terhitung dekat, masih ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi untuk dapat menaiki KAI. Diantaranya sudah vaksin covid minimal dosis 1, melakukan rapid test antigen minimal 1x24 jam sebelum keberangkatan, serta menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan. Memang sedikit merepotkan, namun semua itu harus dilengkapi sebelum melakukan perjalanan.
Tiket kereta yang telah dicetak.

Karena sebelumnya saya sudah sangat lama sekali tidak naik kereta, perubahan yang dapat dirasakan sangatlah terasa. Sebelum masuk ke pintu check in, kita dapat mencetak terlebih dahulu tiket yang telah dibeli melalui aplikasi KAI access. Sekarang untuk naik kereta api, untuk menuju pinggir rel keberangkatan akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas terlebih dahulu, sehingga hanya penumpang bertiket saja yang dapat masuk. Dalam hati saya, alangkah sangat nyamannya tidak ada lagi pedagang asongan atau pengamen yang berlalu lalang selama perjalanan. Tiket perjalanan yang saya pilih kali ini berangkat pukul 22:00 WIB dadi stasiun Lempuyangan dan tiba pukul 00:04 di Stasiun Gombong. Walaupun pemberangkatan malam, namun antusias penumpang sudah sangat banyak, karena tujuan akhir kereta yang saya naiki akan sampai ke stasiun Pasar Senen, Jakarta. Syukurlah jika nantinya gerbong tidak begitu sepi, tidak bisa dibayangkan jika saya harus gladi resik film horor selama perjalanan, haha.

Potret di dalam gerbong KAI.

Meskipun perjalanan saya kali ini hanya sebentar saja, namun saking tenang dan nyamannya di perjalanan, saya hingga terlelap dalam gelap malam. Gerbong yang saya naiki hanyalah kelas ekonomi, namun jangan salah AC yang disediakan sangat terasa dan menambah kenyamanan selama perjalanan. Tidak perlu khawatir kebablasan saat perjalanan, karena saat kereta singgah di stasiun yang akan di lalui selalu ada pengumuman melalui pengeras. Waktu pun berlalu, tak terasa saya pun sampai ke stasiun tujuan saya dengan tepat waktu. Sungguh tidak mengecewakan melakukan perjalanan bersama KAI. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, supaya minat masyarakat untuk naik kereta kian bertambahdan dapat mengurai kemacetan jalanan. Sekian.

Komentar